Rabu, 29 Februari 2012

KURIKULUM INABAH DAN PRAKTEK PEMBINAANNYA


Dalam proses pembinaan para Anak Bina di Pondok Remaja INABAH Pondok Pesantren Suryalaya ada tiga amalan pokok sebagai standar utama, yaitu : mandi taubat, sholat, dan dzikir dengan metode TQN yang dilaksanakan secara istiqomah dan berkelanjutan sehari semalam serta berbagai amalan penunjang lainnya, dengan rincian :

Kegiatan dimulai pada pukul.02.00 dini hari, dimana semua Anak Bina harus bangun dan langsung mandi taubat.
1. Sebelum Anak Bina itu mandi, dan masuk jamban atau kamar mandi, mereka harus berdoa sebagaimana tuntunan Hadist dengan do’a :
اللهم إنى أعوذ بك من الخبث والخبائث

Artinya : “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan laki-laki dan perempuan”

2. Setelah berada di jamban dan akan memulai mandi, Anak Bina membaca doa yang dipetik dari Al-Quran surat al-Mu’minun ayat 29 :

رَبِّ أَنْزِلْنِي مُنْزَلًا مُبَارَكًا وَأَنْتَ خَيْرُ الْمُنْزِلِينَ
Artinya : “dan berdoalah: Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah Sebaik-baik yang memberi tempat."

3. Setelah mandi dan keluar dari jamban, dengan bimbingan Para Pembina mengucapkan doa yang diajarkan Rasulullah SAW:

الحمد لله الذى أذهب عنى الأذى وعا فنى , أشهد أن لا إله إلاالله وأشهد أن محمدا رسول الله

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah melenyapkan penyakit dari dalam diriku dan telah memberiku sehat, aku bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu Rasul Allah”

4. Selesai membaca doa diatas, maka Anak Bina melakukan shalat sunat Syukrul-Wudhu 2 rakaat dengan satu salam. Dilaksanakan setelah wudhu dengan niatnya :

أصلى سنة لشكرالوضوء ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat mengerjakan shalat Syukrul-Wudhu 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”

5. Setelah melaksanakan shalat sunat Syukrul-Wudhu, dilanjutkan shalat sunat tahiyyatul-masjid apabila shalat di mesjid sebanyak 2 rakaat dengan niat :

أصلى سنة تحية المسجد ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat menunaikan shalat Tahiyyatul-Masjid 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”.

6. Setelah shalat Tahiyyatul-Masjid para anak Bina melaksanakan shalat sunat Taubat sebanyak 2 rakaat, niatnya :

أصلى سنة التوبة ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat Taubat 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”.

7. Dilanjutkan dengan melaksanakan shalat sunat Tahajjud atau shalat malam, minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat 6 rakaat. Niatnya :

أصلى سنة التهجد ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat Tahajjud 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”

8. Setelah Tahajjud, lalu melaksanakan shalat sunat Tasbih 4 rakaat 2 salam dengan niat :

أصلى سنة التسبيح ركعتين لله تعالى الله أكبر


Artinya : “Aku niat shalat tasbih 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”

Dinamakan shalat Tasbih karena setiap rakaatnya diperbanyak bacaan tasbih, yang bacaannya :

سبحان الله والحمدلله ولا إله إلا الله والله أكبر ولاحول ولاقوة إلابالله

Artinya : “Maha Suci Allah, semua pujian hanya kepada Allah, tiada Tuhan selain Allah. Allah Maha Agung, tidak ada daya dan upaya kecuali dari Allah Yang Maha Agung”

Pada setiap rakaat shalat Tasbih, bacaan tasbih diatas dibaca sebanyak 75 kali dengan rincian:
- Setelah fatihah dan surat, sambil berdiri membaca 15 kali
- Ketika ruku’ 10 kali
- Ketika I’tidal 10 kali
- Ketika sujud 10 kali
- Ketika duduk iftirasy (duduk antara dua sujud) 10 kali
- Ketika sujud kedua 10 kali
- Ketika bangun dari sujud kedua sebelum berdiri 10 kali

9. Setelah shalat Tasbih, lalu menunaikan shalat Witir sebanyak 11 rakaat atau 3 rakaat saja dengan 2 kali salam (shalat pertama 2 rakaat dan shalat kedua satu rakaat). Untuk niat Witir yang 2 rakaat:

أصلى سنة الوتر ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat Witir 2 rakaat karena Allah, Allah Yang Maha Agung”

Untuk niat Witir yang satu rakaat:
أصلى سنة الوتر ركعة لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat Witir 1 rakaat karena Allah, Allah Yang Maha Agung”

10. Selesai shalat Witir, dilanjutkan dengan dzikir sebanyak-banyaknya, baik dzikir jahar maupun khofi sampai datang waktu shubuh.

11. Ketika datang waktu shubuh, lalu melaksanakan shalat sunat qabla shubuh,niatnya:

أصلى سنة فبل السبح ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat sunat qabla shubuh 2 rakaat karena Allah, Allah Yang Maha Agung”

12. Setelah shalat sunat qabla shubuh, lalu melaksanakan shalat sunat Li Daf’il-bala sebanyak 2 rakaat sekali salam dengan lafal niatnya:

أصلى سنة لدفع البلاء ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat lidaf’il bala 2 rakaat sunat karena Allah, Allah Maha Agung”

13. Selanjutnya melaksanakan shalat fardhu shubuh sebanyak 2 rakaat dan dilanjutkan dzikir jahar 165, tawassul, dan dzikir khofi. Niat shalat Shubuh:

أصلى فرض السبح ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat Shubuh 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”

14. Ketika matahari terbit sekitar pukul.06.00, melaksanakan shalat Isyraq sebanyak 2 rakaat, niatnya:

أصلى سنة الإشراك ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat Isyraq 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”

15. Dilanjutkan dengan melaksanakan shalat Isti’adah sebanyak 2 rakaat, niatnya:

أصلى سنة الإستعادة ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat Isti’adah 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”
16.
Lalu melaksanakan shalat Istikharah sebanyak 2 rakaat dengan niat:

أصلى سنة الإستخارة ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat Istikharah 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”

17. Sekitar pukul.09.00 dilanjutkan dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 8 rakaat 4 kali salam atau sekurang- kurangnya 2 rakaat, niatnya:

أصلى سنة الضحى ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat Dhuha 2 rakaat sunat karena Allah, Allah Maha Agung”

18. Dilanjutkan melaksanakan shalat Kifaratul-baul sebanyak 2 rakaat dengan niat::

أصلى سنة كفارة البول ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat Kifaratul-baul 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”

19. Ketika masuk waktu Dhuhur sekitar pukul 12.00 setelah Adzan, melaksanakan shalat qabla Dhuhur sebanyak 2 rakaat, dzikir jahar 165 kali, tawassul, dan khofi. Niat shalat qabla Dhuhur :

أصلى سنة قبل الظهر ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat sunat qabla Dhuhur 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”

20. Selesai shalat Qabla Dhuhur, dilanjutkan melaksanakan shalat Fardhu Dhuhur sebanyak 4 rakaat, niatnya:

أصلى فرض الظهر أربع ركعات لله تعالى الله أكبر


Artinya : “Aku niat shalat Dhuhur 4 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”

21. Shalat ba’da Dhuhur sebanyak 2 rakaat, niatnya:

أصلى سنة بعدالظهر ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat sunat ba’da Dhuhur 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”


22. Sekitar pukul 15.00 ketika masuk waktu Ashar, melaksanakan shalat sunat Qabla Ashar sebanyak 2 rakaat, niatnya:

أصلى سنة قبل العصر ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat sunat Qabla Ashar karena Allah, Allah Maha Agung”

23. Dilanjutkan melaksanakan shalat Ashar sebanyak 4 rakaat dan dzikir jahar 165 kali, tawassul, dan khofi. Niat shalat Ashar:

أصلى فرض العصر أربع ركعات لله تعالى الله أكبر

24. Ketika masuk Maghrib sekitar pukul 18.00, melaksanakan shalat Qabla Maghrib sebanyak 2 rakaat, dengan niat :

أصلى سنة قبل المغرب ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat sunat Qabla Maghrib 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”

25. Seterusnya shalat fardhu Maghrib sebanyak 3 rakaat dan dzikir jahar 165 kali, tawassul, dn khofi. Adapun niat shalaf fardhu Maghrib adalah:

أصلى فرض المغرب ثلاث ركعات لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat fardhu Maghrib 3 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”

26. Setelah sholat, melaksanakan dzikir dan dilanjutkan dengan Khotaman (sesuai dengan petunjuk Buku amaliah TQN) yang dipimpin Imam.Setelah selesai Khotaman dilanjutkan dengan melaksanakan beberapa shalat sunat yaitu:
27. Shalat sunat ba’da Maghrib sebanyak 2 rakaat dengan niat:

أصلى سنة بعدالمغرب ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat ba’da Maghrib 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”

28. Setelah ba’da Maghrib, dilanjutkan dengan shalat Awwabin dengan niat:

أصلى سنة الأوبين ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat sunat Awwabin 2 rakaat karena Allah. Allah Maha Agung”.

29. Lalu shalat sunat Taubat sebanyak 2 rakaat, niatnya :

أصلى سنة التوبة ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat Taubat 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”.

30. Shalat sunat birrul- wallidin sebanyak 2 rakaat dengan niat :

أصلى سنة برالوالدين ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat sunat Birrul-Walidain 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”

31. Shalat sunat Li Hifdhil-Iman sebanyak 2 rakaat dengan niat:

أصلى سنة لحفظ الإيمان ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat sunat Li Hifdhil-Iman 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”

32. Shalat sunat Li Syukrin-Ni’mah sebanyak 2 rakaat, niatnya :

أصلى سنة لشكر النعمة ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat sunat Li Syukrin-Ni’mah 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”

33. Apabila masuk waktu Isya sekitar pukul.19.00, adzan telah dikumandangkan, melaksanakan shalat sunat Qabla Isya sebanyak 2 rakaat, niatnya:

أصلى سنة قبل العشاء ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat sunat Qabla Isya 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”

34. Dilanjutkan dengan melaksanakan shalat fardhu Isya sebanyak 4 rakaat dengan niat:

أصلى فرض العشاء أربع ركعات لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat fardhu Isya 4 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”

35. Dilanjutkan dengan shalat sunat ba’da Isya sebanyak 2 rakaat dan dzikir jahar 165 kali, tawassul, dan khofi. Adapun niat shalat sunat ba’da isya adalah:

أصلى سنة بعد العشاء ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat sunat ba’da isya 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”

Menjelang waktu tidur sekitar pukul.21.30, anak Bina mengambil wudhu dan melaksanakan beberapa shalat sunat, yaitu:
36. Shalat sunat Syukrul-Wudhu sebanyak 2 rakaat (niatnyasudah ditulis sebelumnya)
37. Shalat sunat Mutlaq sebanyak 2 rakaat dengan niat :

أصلى سنة المطلق ركعتين لله تعالى الله أكبر

Artinya : “Aku niat shalat sunat Mutlaq 2 rakaat karena Allah, Allah Maha Agung”

38. Shalat sunat Istikharah sebanyak 2 rakaat (niatnya sudah ditulis sebelumnya)


Disamping kegiatan yang berupa bersuci (thaharah), mandi, wudhu, shalat, dan dzikir, juga diberikan pelajaran dan praktek berbagai doa harian yang diambil dari petunjuk dan sunnah Rasulullah saw, seperti : doa sebelum masuk jamban, doa sesudah selesai dan keluar dari jamban, doa waktu mandi taubat, doa sebelum tidur, doa setelah bangun tidur, doa sebelum makan, doa setelah selesai makan, dan lainnya.

Dalam prakteknya Pondok Remaja Inabah melakukan tiga tahap, yaitu :
a.Tahap Pra Perawatan : Setelah calon Anak Bina dititipkan, Pembina akan mengamati gerak-gerik dan prilaku si calon serta mewawancarainya. Hal ini sebagai diagnosa awal, lalu selama tujuh hari dilakukan pengamatan khusus, dan biasanya dalam rentang waktu ini Pembina telah dapat menyimpulkan jenis dan katagori gangguan kejiwaannya. Kemudian calon yang dianggap telah siap ditalqin (diajarkan) dzikir, dihadapkan kepada Mursyid atau Wakil Talqin untuk menerima pengajaran dzikir TQN.
Apabila jenis gangguan kejiwaan calon Anak Bina masih ringan, seperti: suka berdusta, minum-minuman keras yang ringan dan malas sekolah, maka dalam waktu kurang dari tujuh hari biasanya sudah dapat ditalqin dzikir. Bahkan sudah mampu disentuh perasaannya oleh Pembina. Sehingga ia dapat menyadari akan kesalahan dan kekeliruannya dan segera memperbaiki diri atau bertaubat. Akan tetapi jika gangguan kejiwaannya agak berat atau pengaruh racun narkobanya sudah berat, maka perlu waktu sekurang-kurangnya tujuh hari bahkan lebih agar mampu disentuh perasaannya sebelum diberikan talqin dzikir, dan perawatannyapun sampai enam bulan atau lebih.
b. Tahap Perawatan : dalam tahap ini Anak Bina diajak melaksanakan seluruh kegiatan ibadah dari mulai bangun tidur (pukul.02.00 dini hari) sampai tidur kembali (pukul.21.30) seperti yang telah disebutkan dalam kurikulum Metode Terapi Inabah diatas.
c. Tahap Pasca Perawatan : Setelah dianggap memungkinkan keluar Inabah, Anak Bina tersebut sangat dianjurkan untuk selalu mengikuti amaliah ibadah seperti yang telah dilaksanakan di Inabah atau bergabung dengan lingkungan yang memungkinkan melaksanakan amaliah ibadah seperti yang telah dilaksanakan di Inabah. Tahapan ini sangat urgen sekali, mengingat Anak Bina tersebut ada kemungkinan akan bertemu kembali dengan kawan-kawan lamanya. Kalau tidak menjaga diri dan tidak meningkatkan kualitas iman dan ilmu agamanya, tidak mustahil akan terpengaruh lagi dan akan kembali ke habitat negatif sebelumnya. Untuk itu seorang Anak Bina yang sudah menjadi alumni Inabah, bukan berarti sudah selesai pembinaannya dan tidak perlu lagi melaksanakan amaliah ibadah seperti di Inabah.. Sebaliknya justru harus semakin meningkatkan kualitas ibadah dan keimanannya, dan kalau perlu menjauhi lingkungan atau kawan-kawan lamanya yang negatif agar tidak mudah terpengaruh kembali.


PROSES PENILAIAN ANAK BINA SELAMA PEMBINAAN DI INABAH


Penilaian anak bina di Inabah adalah upaya atau tindakan untuk mengetahui sejauh mana tujuan yang telah ditetapkan itu tercapai atau tidak dalam proses pembinaan. Dengan kata lain, penilaian berfungsi sebagai alat untuk mengetahui keberhasilan proses dan hasil pembinaan anak bina selama dibina di Inabah. Dalam suatu sistem pendidikan atau pembinaan proses penilaian sangat penting sebagai upaya untuk lebih meningkatkan kembali berbagai upaya dalam mencapai hasil yang diinginkan melalui berbagai tahapan yang sudah direncanakan secara baik.
Salah satu prinsip dasar yang harus senantiasa diperhatikan dan dipegangi dalam rangka penilaian proses pembinaan di Inabah adalah prinsip kebulatan atau menyeluruh, dimana penilai mampu membuat penilaian yang menyeluruh terhadap peserta anak bina, baik dari segi pemahamannya terhadap materi atau bahan pelajaran yang telah diberikan (aspek kognitif), maupun dari segi penghayatan (aspek afektif), dan pengamalannya (aspek psikomotor), serta perilaku yang berhubungan dengan motivasi atau penggeraknya (Konatif).
Keempat aspek atau ranah kejiwaan itu erat sekali dan bahkan tidak mungkin dapat dilepaskan dari kegiatan atau proses evaluasi atau penilaian pembinaan di Inabah. Dalam konteks evaluasi hasil pembinaan di Inabah, maka keempat ranah itulah yang harus dijadikan sasaran dalam setiap kegiatan evaluasi atau penilaian hasil pembinaan. Sasaran kegiatan penilaian atau evaluasi hasil pembinaan di Inabah ini adalah:
Psikis, yaitu berhubungan dengan psikis atau ruhani anak bina pasca pembinaan di Inabah yang mencakup:
Visi Ke depan
Prinsip
Komitmen
Penilaiannya difokuskan pada ;
Aktualisasi diri, yaitu bagaimana anak bina mengaktualisasikan dirinya dalam tingkah laku kesehariannya pasca pembinaan
Kontrol diri, yaitu sejauhmana anak bina mampu mengontrol diri dalam upaya aktualisasi dirinya pasca pembinaan
Membangun kepercayaan diri, yaitu sejauhmana anak bina mampu membangun kepercayaan dirinya setelah melewati proses pembinaan
Proses Perjuangan Menuju Perbaikan, yaitu adakah upaya yang dilakukan anak bina dalam memperbaiki dirinya,
Minat Belajar, yaitu adakah minat anak bina untuk melanjutkan belajar, baik formal atau non formal pasca pembinaan
Cara Pandang Ke masa depan, yaitu bagaimana anak bina memandang masa depannya pasca pembinaan.


Sosial, yaitu berhubungan dengan bagaimana anak bina bermasyarakat, meliputi :
Peka terhadap lingkungan.
Minat
Konsekwensi diri atau tanggung-jawab pribadi
Hidup dalam keteraturan
Penilaiannya terfokus pada:
Kepekaan , yaitu sejauhmana kepekaan anak bina terhadap orang lain atau lingkungan sekitar
Kesadaran , yaitu sejauhmana kesadaran anak bina dalam hidup bermasyarakat
Kepedulian, yaitu sejauhmana kepedulian anak bina terhadap orang lain atau lingkungan sekitar
Toleransi yaitu sejauhmana toleransi anak bina terhadap orang lain dalam bermasyarakat
Proses Komunikasi yaitu sejauhmana kemajuan anak bina dalam berkomunikasi dengan orang lain dalam bermasyarakat
Tanggung Jawab yaitu sejauhmana rasa tanggung-jawab anak bina sebagai warga dalam bermasyarakat


Religisitas atau religiusitas, yaitu rasa keberagamaan anak bina yang mencakup:
Durasi atau rentang (Lamanya) waktu yang digunakan anak bina untuk ibadah
Frekwensi atau seberapa banyak ibadah yang dilakukan anak bina
Presistensi atau keistiqomahan anak bina dalam melakukan ibadah
Devosi atau Pengorbanan diri anak bina dalam rangka ibadah kepada Allah
Penilaian difokuskan pada aspek :
Teologis, yaitu aspek ketauhidan atau keimanan kepada Allah
Ritualitas, yaitu upaya yang dilaksanakan dalam merealisasikan keimanan dalam bentuk ibadah
Penghayatan, yaitu sejauhmana nilai lebih yang didapat dari realisasi ibadah anak bina dalam bentuk akhlakul karimah dalam hidupnya
Pengetahuan, yaitu aspek pengetahuan agama yang menunjang dalam melaksanakan agama islam
Konsekwensiolitas, yaitu sejauhmana tanggung-jawab dan konsekwensi dari keimanan anak bina dalam kehidupannya, baik berbentuk tingkah laku atau akhlaknya


Keilmuan atau aspek ilmu pengetahuan agama Islam yang didapat anak bina selama masa pembinaan di Inabah yang mencakup:
Pengalaman dalam mempelajari berbagai pengetahuan agama selama di Inabah
Keikutsertaan dalam belajar berbagai pengetahuan agama yang diberikan selama di Inabah
Perubahan yang didapat anak bina dalam segi pengetahuan agama selama di Inabah
Fokus penilaian adalah dalam :
Amaliah Utama meliputi:
Amaliah Mandi Taubat
Thaharah
Sholat – sholat Wajib/Fardu
Sholat – Sholat Sunat
Amaliah Dzikir
Tawasul dan Tahlil
Amaliah Khataman
Amaliah Manakiban
Amaliah penunjang yang meliputi;
Tauhid
Fiqih
Ahklaq Tasawuf
Baca Tulis Al-Qur’an
Do’a-Do’a Harian
Surat-surat Pendek ( Zuz-Amma)


Minat dan Bakat yang meliputi ;
1. Olah raga:
2. Seni dan lainnya.


Dengan diadakannya proses penilaian secara menyeluruh kepada para anak bina diharapkan mampu mengetahui sejauhmana kemaksimalan pembinaan di Inabah dan secara otomatis dapat disiasati berbagai kekurangannya demi perbaikan di masa mendatang.
Perbandingan keberhasilan pembinaan dapat direkap secara baik, ketika diawal anak masuk pembinaan sudah direkap bagaimana catatan awal anak bina masuk pembinaan. Catatan awal ini sangat penting guna mengetahui sejauhmana keberhasilan proses pembinaan di Inabah. Selain itu sudah pasti menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, baik adanya keluhan dari orang-tua anak bina pasca pembinaan atau mendeteksi sedini mungkin berbagai kemungkinan penyakit yang dibawa anak sebelum masuk pembinaan.
Selanjutnya berbagai keberhasilan atau kemajuan yang dialami anak bina pasca pembinaan di Inabah ditulis dengan baik dalam catatan anak bina sebelum meninggalkan tempat pembinaan. Hal ini bertujuan untuk memberikan panduan atau semacam arahan bagi keberlanjutan pembinaan anak bina pasca pembinaan, apalagi para orang-tua yang bertanggung-jawab secara langsung bagi pembinaan selanjutnya sangat memerlukan berbagai informasi tentang anaknya. Dengan harapan agar adanya kesinambungan pembinaan yang dilakukan setelah anak bina keluar dari tempat pembinaan di Inabah, baik bagi anak yang ingin melanjutkan sekolahnya ataupun yang ingin bekerja dan berumahtangga.
Dari hasil pantauan Bidang Inabah selama ini ternyata kesuksesan pembinaan pasca keluar dari Inabah berhubungan erat dengan sejauhmana proses pembinaan dengan metode Inabah ini terus dilaksanakan pasca pembinaan Inabah. Proses pembinaan di rumah atau di tempat lain di luar Inabah akan efektif dan berhasil guna selama anak bina tersebut istiqamah melaksanakan amaliah Tarekat Qadiriyah Naqsyabandiyah (TQN) yang dipraktekkan di Inabah dalam kesehariannya, baik mandi malamnya, sholat-sholat sunat, dzikir, khotaman, maupun manakibannya. Semakin istiqamah seseorang mengamalkan TQN, maka semakin besar pula peluang untuk lebih baik di masa depannya. Sebaliknya jika amaliah TQN ini terputus, maka ada kemungkinan anak tersebut kembali kepada kebiasaan negative masa lalunya atau bahkan lebih rusak lagi, diakibatkan tidak adanya pembinaan berkelanjutan.


PENJELASAN ISTILAH
Psikis, yaitu berhubungan dengan psikis atau ruhani anak bina pasca pembinaan di Inabah yang mencakup:
Visi Ke depan, yaitu kemampuan untuk melihat inti persoalan dan cara pandang ke depan
Prinsip, yaitu pegangan kebenaran pokok yang menjadi dasar dalam bertindak
Komitmen, yaitu keterikatan dalam melakukan sesuatu
Penilaiannya difokuskan pada ;
Aktualisasi diri, yaitu bagaimana anak bina mengaktualisasikan dirinya dalam tingkah laku kesehariannya pasca pembinaan
Kontrol diri, yaitu sejauhmana anak bina mampu mengontrol diri dalam upaya aktualisasi dirinya pasca pembinaan
Membangun kepercayaan diri, yaitu sejauhmana anak bina mampu membangun kepercayaan dirinya setelah melewati proses pembinaan
Proses Perjuangan Menuju Perbaikan, yaitu adakah upaya yang dilakukan anak bina dalam memperbaiki dirinya,
Minat Belajar, yaitu adakah minat anak bina untuk melanjutkan belajar, baik formal atau non formal pasca pembinaan
Cara Pandang Ke masa depan, yaitu bagaimana anak bina memandang masa depannya pasca pembinaan.

Sosial, yaitu berhubungan dengan bagaimana anak bina bermasyarakat, meliputi :
Peka terhadap lingkungan.
Minatyaitu kecendrungan hati terhadap sesuatu
Konsekwensi diri adalah tanggung-jawab diri dalam melakukan sesuatu
Hidup dalam keteraturan
Penilaiannya terfokus pada:
Kepekaan , yaitu sejauhmana kepekaan anak bina terhadap orang lain atau lingkungan sekitar
Kesadaran , yaitu sejauhmana kesadaran anak bina dalam hidup bermasyarakat
Kepedulian, yaitu sejauhmana kepedulian anak bina terhadap orang lain atau lingkungan sekitar
Toleransi yaitu sejauhmana toleransi anak bina terhadap orang lain dalam bermasyarakat
Proses Komunikasi yaitu sejauhmana kemajuan anak bina dalam berkomunikasi dengan orang lain dalam bermasyarakat
Tanggung Jawab yaitu sejauhmana rasa tanggung-jawab anak bina sebagai warga dalam bermasyarakat

Religisitas atau religiusitas, yaitu rasa keberagamaan anak bina yang mencakup:
Durasi atau rentang (Lamanya) waktu yang digunakan anak bina untuk ibadah
Frekwensi atau seberapa banyak ibadah yang dilakukan anak bina
Presistensi atau keistiqomahan anak bina dalam melakukan ibadah
Devosi atau Pengorbanan diri anak bina dalam rangka ibadah kepada Allah
Penilaian difokuskan pada aspek :
Teologis, yaitu aspek ketauhidan atau keimanan kepada Allah
Ritualitas, yaitu upaya yang dilaksanakan dalam merealisasikan keimanan dalam bentuk ibadah
Penghayatan, yaitu sejauhmana nilai lebih yang didapat dari realisasi ibadah anak bina dalam bentuk akhlakul karimah dalam hidupnya
Pengetahuan, yaitu aspek pengetahuan agama yang menunjang dalam melaksanakan agama islam
Konsekwensiolitas, yaitu sejauhmana tanggung-jawab dan konsekwensi dari keimanan anak bina dalam kehidupannya, baik berbentuk tingkah laku atau akhlaknya

Keilmuan atau aspek ilmu pengetahuan agama Islam yang didapat anak bina selama masa pembinaan di Inabah yang mencakup:
Pengalaman dalam mempelajari berbagai pengetahuan agama selama di Inabah
Keikutsertaan dalam belajar berbagai pengetahuan agama yang diberikan selama di Inabah
Perubahan yang didapat anak bina dalam segi pengetahuan agama selama di Inabah
Fokus penilaian adalah dalam :
Amaliah Utama meliputi:
Amaliah Mandi Taubat (mandi pada awal pagi hari sekitar pukul.02.00 dengan niat bertaubat)
Thaharah (bersuci baik dari hadats maupun najis)
Sholat – sholat Wajib/Fardu
Sholat – Sholat Sunat
Amaliah Dzikir (dengan metode khusus Tarekat Qadiriyah Naqsyabandiyah)
Tawasul dan Tahlil
Amaliah Khataman (amalan khusus bagi ikhwan Tarekat Qadiriyah Naqsyabandiyah)
Amaliah Manakiban(amalan khusus bagi ikhwan Tarekat Qadiriyah Naqsyabandiyah)

Amaliah penunjang yang meliputi;
Tauhid
Fiqih
Ahklaq Tasawuf
Baca Tulis Al-Qur’an
Do’a-Do’a Harian
Surat-surat Pendek ( Zuz-Amma)

Minat dan Bakat yang meliputi ;
1) Olah raga:
2) Seni dan lainnya.

Sumber :
Al-qur'an & As-sunnah

0 komentar:

Posting Komentar